Klayar Yang Mempesona


Mungkin banyak sekali artikel yang membahas tentang obyek wisata satu ini, namun tetap saja, berapa kalipun saya kesana, tetap pantai ini menawarkan pesona tersendiri yang tak terlupakan sampai kapanpun. Namanya pantai Klayar.

Pantai Klayar di Donorojo

Pantai Klayar di Donorojo

Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan.

Bagi saya, Pantai Klayar adalah simbol dari Pacitan. Karena pantai Klayar adalah pantai dengan karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru atau bisa juga disebut Hijau Tosca, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami.

Yang menjadi ciri khas dan membuat Pantai ini indah adalah bentuk batuan karang Tanah Lot yang indah dengan bebatuannya, juga di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di pacitan.

sisi kanan klayar

sisi kanan klayar

Pantai Klayar akan terlihat tambah elok ketika anda berada disana saat cuaca sedang cerah, maka pada kondisi tersebut, aka nada Sinergi biru laut demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan Pasir putih yang mempesona. Layaknya sebuah pesisir, vegetasi berupa pohon-pohon kelapa tumbuh liar di sekitarnya.

Pun pada saat menjelang sore hari, sunset dengan spektrum jingga kemerahan memeluk erat langit di garis batas barat Klayar di sore itu. Pemandangan ini seperti menyaksikan alam asyik dengan romansa pesisirnya.

Saya sendiri berkunjung ke Pantai ini sudah beberapa kali, tercatat yang pertama udah lupa tahunnya, kemudian yang kedua dan keempat bareng teman ā€“ teman dari Unnes, dan yang ketiga adalah sengaja kesana untuk hunting foto.

Kala Senja di Klayar

Kala Senja di Klayar

Kesannya tetap sama. Pantai yang mengesankan.

Yang membuat pantai ini elok dan mempesona adalah bukan hanya dari keelokan dan keindahan Pasir Putihnya saja. Tebing ā€“ tebing tersebut membentuk tanah lot yang indah, ada sekitar tiga sampai empat tanah lot yang menjadi cirri khas Pantai Klayar. Dan beberapa tanah lot ini yang menjadi tempat terbaik untuk diabadikan dengan kamera anda.

Yang unik lainnya yang menjadikan Klayar sebagai pesona tersendiri adalah sensasi seruling samudera. Atraksi ini disebut dengan karang Suling (blow pipe) yang bersembunyi di balik cekungan-cekungan tebing, atau disebut juga oleh penduduk sekitar dengan nama Seruling samudera. Seruling samudera adalah sebuah tempat yang mirip dengan celah, berpadu dengan semburan air laut di celah ā€“ celah karang Klayar. Air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga.

Seruling Samudera

Seruling Samudera

Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang mempesona. Ketika ombak kencang datang, cekungan ini memancarkan air setinggi lebih dari 5 meter. Jika angin bersahabat, ia pun akan mengeluarkan tiupan serupa bunyi suling bambu. Berdirilah di atas cekungan tadi, maka tubuh akan bergetar tersiram semburan air laut dalam interval 5-10 detik.

Iklan

10 thoughts on “Klayar Yang Mempesona

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s