Dataran Tinggi Petungsinarang


Dataran tinggi petungsinarang. Begitulah tempat ini saya sebut. Adalah sebuah tempat yang mungkin akan terkenang selalu bagi saya, mengingat daerahnya yang super. Petungsinarang berada diwilayah Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan. Yang membuat tempat ini saya tuliskan diblog ini bukan karena banyaknya potensi alam dan wisata di daerah ini, melainkan karena satu hal, yakni panoramanya yang mempesona sekaligus mengagumkan, khususnya bagi anda para pecinta alam.

Dengan kontur yang berbukit terjal, ketika anda berada di wilayah ini, maka anda akan terasa berada dipuncak gunung, atau berada disuatu tempat yang agak asing. Jalanan yang kemiringannya hampir sekitar 60 derajat membuat anda yang berniat melewati wilayah ini harus ekstra hati-hati. Saya sendiri ke petungsinarang sudah beberapa kali, namun karena baru kemarin saya menikmati petungsinarang disiang hari, sensasi belaiaian kelembutan dan kesejukan alamnya benar – benar baru terasa. Daerah ini sebenarnya adalah daerah yang menghubungkan Bandar, Nawangan, dan Grenjeng dan Gedangan di Tegalombo. Namun karena medannya yang lumayan berat, daerah ini menjadi jalur alternatif saja, dari Grenjeng menuju ke Bandar.

Saat melewati daerrah sini, sayapun atau bagi siapapun, mesti ekstra hati2, karena selain jalanan sempit dan tanjakan tinggi, juga karena banyak sekali tikungan tajam yang berbahaya, dan berbatasan langsung dengan jurang yang tinggi sekali. Untung saja aspal di daerah Petungsinarang ini sudah bagus, sehingga memudahkan anda untuk melewatinya.

Saya sendiri ketika berkunjung ke Petungsinarang ini pernah memiliki pengalaman berharga, yakni ketika dari Arah Bandar sedang asyik menikmati pemandangan, tetiba disebuah tikungan harus berpapasan dengan sebuah dumptruck yang macet ditengah tikungan tanjakan. Sementara di kiri kanan jurang mengangga. Karena dumptruck tersebut bermuatan banyak dan tidak bisa mundur, tepaksa akhirnya saya mengalah dengan memundurkan avanza saya ke arah atas. Kontan ban langsung selip sehingga bau ban hangus langsung terasa seketika. Pada akhirnya setelah mendapat pertolongan dengan didorong banyak orang, akhirnya mobil dapat melaju lagi ke bawah. Hufft, cukup menguras energi.

Saat berkunjung melewati ketinggian Petungsinarang inilah, mungkin sebagai sarana untuk berbagi ketakjuban akan alam ciptaan Allah SWT yang maha besar. Alam yang menghijau, ada sungai kecil nan bening berbariskan dengan air terjun yang mempesona, juga nampak banyak sekali sawah model teras iring menghiasi sepanjang perjalanan anda melintasi Petungsinarang.

Selain pemandangan tersebut, ketika anda sudah berada di daerah yang agak tinggi, anda akan dimanjakan dengan melihat sungai grindulu yang berkelok dari atas. Luar biasa. Mungkin Dataran tinnggi Petungsinarang dapat menjadi daerah alternatif merefresh kesibukan anda.

Selamat berkunjung..

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s