Messi, Barcelona, dan orkestra sepakbola Indah


Hari ini, Minggu (20/01) mungkin menjadi hari yang tidak mungkin dilupakan bagi Barcelona. Maklum, mereka baru saja menelan kekalahan perdananya setelah selama musim 2012/2013 ini bergulir awal Agustus tahun lalu. Pun demikian dengan Sociedad, hari ini dikenang sebagai hari yang menyejarah, mengingat tim ini adalah tim yang mengalahkan Barcelona untuk edisi perdana musim ini. Namun, saya tidak akan mengupas lebih lanjut tentang pertandingan ini karena mungkin sudah banyak dikupas oleh situs – situs bola lainnya.

Yang saya ingin share dengan sahabat sekalian adalah tentang Barcelona itu sendiri, dan salah satu pemain yang sampai saat ini masih saja menjadi buah bibir bagi semua orang, Lionel Messi. Yang pertama, jujur saya adalah seorang Barcelonitas, pendukung Barcelona yang tentu setia menyaksikan perkembangan tim ini, sejak pada awalnya tim ini menggemparkan dunia dengan strateginya yang unik, menarik, dan mempesona siapapun yang melihat permainan indahnya.

Ya, mungkin sahabat bola sekalian sudah pada tahu strategi tika-tiki ala Barcelona. Bermain mendominasi sepanjang pertandingan, bahkan bisa diamati setiap Barcelona bertanding, penguasaan bolanya selalu diatas 50% sampai 80%. Kemudian cirri khas yang Nampak adalah bermain dari kaki ke kaki, cepat, umpan satu dua, kadang juga sesekali melewati lawan, lalu lepaskan umpan ciamik, diakhiri dengan tembakan brilian khas. Atau kadang, salah satu pemain Barcelona melakukan solo run, melewati beberapa pemain lawan, melakukan satu dua dengan teman, lalu diakhiri dengan tembakan keras, atau bahkan tembakan chip yang menipu penjaga gawang.

Inilah beberapa kharakteristik yang unik dari Barcelona, yang pada akhirnya membawa tim ini menjadi inspirasi permainan bagi sejumlah tim lainnya. Bahkan, Permainan Tika-tiki Barcelona ini menjadi inspirasi bagi Spanyol, hingga akhirnya mengantarkan Spanyol menjadi kampiun dunia dan eropa. Bahkan saking apiknya Barcelona memperagakan sepakbola indah di lapangan hijau, beberapa pihak sempat frustasi dengan permainan mendominasi Tika – tiki ala Barcelona ini, sebut saja Paul Scholes, yang menyatakan sempat bosan karena Barcelona menang terus.

Pencapaian Barcelona musim ini juga sangat fenomenal di Liga BBVA. Sebelum dikalahkan real Sociedad semalem, Barcelona tak terkalahkan dalam 19 laga di kancah La liga. Barcelona hampir saja meraih poin sempurna, hanya pernah di tahan imbang sekali oleh Real Madrid, selebihnya Barcelona meraih pon penuh tiap kali berlaga di La Liga. Ini adalah pencapaian fenomenal Barcelona, setelah sebelumnya pada musim lalu, rival abadi Barca, Madrid juga meraih hasil yang maksimal.

Selain permainan yang mempesona bagi penggemar sepakbola indah, proses kaderisasi tim di Barcelona pun berjalan sangat efektif. Akademi La Masia, begitulah nama tempat dimana para calon bintang masa depan Barcelona ini dididik untuk menjadi pemain masa depan. Saat ini, hampir semua bintang Barcelona adalah produk dari La Masia, seperti Lionel Messi, Cesc Fabregas, Charles Puyol, Sergio Busquets, Pedro Rodriguez,  Xavi, dan Iniesta. Pun demikian, kelihatannya Barcelona juga sudah menyiapkan pemain – pemain akademi La Masia untuk menggantikan pemain – pemain tersebut di atas ketika sudah masa pensiun. Sebut saja Thiago Alcantara, Martin Montoya, Christian Tello, dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan pelatih Barcelona, yang saat ini dipegang oleh Tito Vilanova, tak lepasa dari proses kaderisasi berjenjang. Dimana kalau kita ketahui, sebelum Tito menjadi arsitek Blaugrana, seniornya, Pep Guardiola menjabat arsitek utama Barcelona untuk membawa Barcelona kepada prestasi dan rekor – rekor sepakbola saat itu. Pun demikian, kalau seandainya Tito pension, mungkin saja asisten pelatih sekarang, Riora, akan meneruskan kepelatihan Tito.

Hal ini diberlakukan oleh pihak manajemen Barcelona, salah satu faktornya kemungkinan adalah agar karakteristik Barcelona yang sudah kadung mendunia, yakni strategi Tika – tiki itu senantiasa terjaga dan terus dikembangkan oleh pelatih Barcelona selanjutnya, tentunya dengan berbagai modifikasi – modifikasi dari pelatih yang bersangkutan.

Lionel Messi, sang legenda baru sepakbola

Selain secara team, Barcelona memang menjadi satu team yang kokoh, dari depan sampai belakang semuanya di isi oleh pemain yang komplit, serta pemain yang memahami karakter Tika-tiki ala Barcelona, yang tak kalah menarik dan patut di diskusikan adalah tentang sosok Lionel Messi. Pria yang satu ini memang menjadi fenomena tersendiri bagi Barcelona.

Messi, pria kelahiran Argentina ini seakan tak berhenti membuat rekor. Setelah pada tahun lalu ia baru saja memecahkan rekor menjadi pencetak gol terbanyak sejagad dalam satu tahun, dengan 91 golnya, di awal tahun 2013 ini dia kembali membuat rekor dengan menjadi pertama yang meraih gelar 4 Ballon o’door, atau 4 kali menjadi pemain terbaik dunia. Hal yang mungkin sangat sulit disamai oleh pemain sepakbola lainnya saat ini.

Dengan kemampuan yang komplit, mulai dari kecepatan, visi permainan, finishing touch yang sempurna, hingga semua prestasi sudah dia raih saat bersama Barcelona, menjadikan dia seperti dewa baru sepakbola, bahkan Jose Mourinho menyebut Messi adalah pemain dari planet lain. Satu – satunya yang kurang dari sosok Messi adalah prestasinya di timnas yang belum sempurna.

Mungkin dalam beberapa waktu kedepan, setidaknya 5 tahun kedepan, Messi akan tetap menjadi legenda bersama Barcelona. Hal tersebut ditambah dengan sikap Messi yang sungguh mencerminkan sosok olahragawan sejati. Jarang kita temui pemain satu ini bertindak kasar, atau mendapatkan kartu kuning, apalagi kartu merah, tentu fakta ini semakin mengokohkan Messi menjadi sebuah fenomena baru dalam sepakbola.

Messi, dan Barcelona, adalah sebuah orchestra indah sepakbola yang tentu menjadikan olahraga satu ini menjadi makin digandrungi oleh siapapun, dari kalangan apapun. Bukan hanya tergantung pada hasil akhir, tapi karakteristik khas dari sepakbola, yakni permainan menarik dan mempesona, tetap menjadi satu hal yang masih dijaga Barcelona, sampai kapanpun.

Visca Barca!!!

2 thoughts on “Messi, Barcelona, dan orkestra sepakbola Indah

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s