Responsif


Responsif adalah padanan kata dari merespon secara cepat untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Bisa jadi respon yang cepat itu adalah karena melihat peluang dan momentum yang ada, bisa jadi karena itu adalah satu – satunya peluang, yang kalau tidak diambil maka akan menghilang begitu saja peluang tersebut. Maka sikap responsif sangat penting dalam konteks menemukan momentum dan peluang dalam hidup kita.

Akan tetapi, tak semudah yang kita fikirkan dalam pengambilan sebuah keputusan dalam hidup kita. sehingga tak jarang sikap – sikap responsif itu lebih kecil prosentasenya daripada sikap ragu – ragu, bingung, bimbang ataupun yang lainnya. Tak jarang diantara kita sulit menentukan pilihan – pilihan karena begitu banyaknyaknya pilihan yang membuat hatti kita terbelah menjadi banyak, sehingga bingung menentukan sikap, dan akhirnya ujung – ujungnya menjadi galau sendiri.

Memang sih, keputusan yang kita ambil selalu ada konsekuensinya. Pilihan yang kita ambil selalu ada resiko – resiko yang harus kita tanggung akibat pilihan tersebut. Akan tetapi kalau kita tak segera menentukan pilihan, maka kita akan selamanya dalam keadaan bimbang, dalam keadaan bingung, tanpa arah dan tujuan yang jelas. Dan hal itu disebabkan karena kita terlalu mentolerir banyaknya pilihan dan membuka pintu – pintu pilihan itu untuk masuk ke dalam hati kita.

Coba deh, ada permisalan, dalam hidup ini kita umpamakan sedang mengerjakan soal pilihan ganda. Disana sudah ada option untuk memilih poin A, B, C, D. Tugas kita hanya memilih salah satu diantaranya, entah itu A, maupun D. Kalau pilihan kita benar, ya kita akan dapat nilai 1, tapi kalau salah ya 0. Pilihan kita bisa jadi benar bisa jadi salah. Tapi kalau kemudian kita tak memilih 1 diantara empat itu, kita juga tak mendapatkan nilai, alias sama dengan kita memilih tapi salah.

Jadi lebih baik memilih tapi salah, daripada kita tak memilih sama sekali, toh masih ada kesempatan di soal selanjutnya kan? Why not, kenapa kita tak memilih meski belum tentu benar?

Sebenarnya saya tertarik menuliskan tentang judul artikel responsif ini berawal dari nasihat salah satu Dosen Matematika Unnes di Forum KITA Unnes, kemarin, saat tasyakuran wisudawan alumni santri basmala Gunungpati. Masih teringat kata dosen tersebut, bahwa jangan sampai kita menjadi galau setelah lulus, ngerjain skripsi gak rampung2 galau, lulus kampus galau karena gak dapet kerja, saat kerja galau karena tak bisa santai seperti saat mahasiswa, so, apa gunanya kita hidup kalau terus saja galau dengan kondisi kita apapun. Nikmati saja fren, hidup itu indah ketika kita mau dan mampu memaknai hidup dengan konsep terus berkarya, bekerja, dan berkontribusi, baik untuk diri, bangsa dan negaranya.

Well, kembali ke soal responsif, ketika ada peluang apapun didepan mata, yang itu berguna dalam konteks kesejarahan personal, ambil. Jangan sungkan. Bisa jadi itu akan menjadi buah karya yang abadi dalam hidupmu. Bisa jadi itu menjadi nilai amal ibadahmu kepada Allah. ambil. Mantapkan hatimu untuk mengambil peluang yang ada. Karena dengan kita mengambil peluang yang kita miliki, maka ada satu nilai lebih yang kita miliki, yakni sikap berani. Lalu masalah resiko, pikir belakangan. Oke?

Atau kita justru merasa nikmat dan enjoy dengan romantika sebelum menentukan pilihan itu? Kalau ini yang terjadi, bahaya itu. Bisa jadi kita tidak siap dengan perubahan dalam hidup. Bisa jadi kita sedang mundur kebelakang, enjoy dengan kesengsaraan kita.

Jadi, responsif, atau bahasa yang lebih kerennya responsibilitas dalam setiap mengambil keputusan itu, berbanding lurus dengan peluang untuk tercapainya tujuan yang kita cita2kan. Rumusnya bisa jadi begini, silahkan didebat kalau salah

KC = r (m+p)

KC : Ketercapaian cita2

r :  responsibility

m : momentum

m: peluang

Abaikan, kalau tidak dianggap penting, hehehe.. itu rumus ngasal… ^_^

Iklan

One thought on “Responsif

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s