Indahnya Tanah Lot Pantai Klayar


Pagi, dihari Jumat yang cerah, penuh kesegaran, penuh kesejukan ini, saatnya sedikit bercerita tentang salah satu tempat eksotis yang pernah saya kunjungi, dan mungkin menjadi keindahan tersendiri yang sayang untuk kita lewatkan.

Pantai Klayar namanya.

Kebetulan Pantai ini berada di kawasan Kabupaten Pacitan, yang itu artinya berada diwilayah Kabupaten kelahiran saya dan Pak SBY. Pantai ini menjadi perbincangan banyak orang karena memang panoramanya yang mengagumkan. Lautnya yang membiru, dihiasi dengan pemandangan tanah Lotnya yang semakin memanjakan mata yang melihatnya. Obyek wisata pantai yang satu ini memang menjadi  salah obyek wisata unggulan Pacitan.

Pantai Klayar berada di Desa Sendang, masuk di wilayah Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar Ini berada sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 60 menit dari kota Pacitan.

Pantai Klayar adalah pantai yang memiliki karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami. Semua itu menjadikannya pantai dengan pesona alam indah di Pacitan. Yang menjadi ciri khas dan membuat Pantai ini indah adalah bentuk batuan karang Tanah Lot yang indah dengan bebatuannya, juga di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di pacitan.

Fasilitas lainnya yang menjadi keunggulan pantai ini adalah seruling laut, atau air mancur alam, dimana air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga. Pantai berpasir putih ini memiliki keistimewaan di antara celah karang dan deburan ombak yang melambai yang bisa berbunyi seperti seruling laut. Kemudian Pantai ini juga memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang menyenangkan untuk dikunjungi dan di nikmati. Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang mempesona.

Untuk dapat masuk ke obyek wisata unggulan yang masih natural satu ini dapat dilalui dari arah Kota Pacitan menuju ke arah Pantai dengan jarak tempuh sekitar 60km, atau bisa ditempuh 2 jam perjalanan. Rute bisa dilalui dengan dua jalur, yaitu melalui jalur utama Bus arah pasar Punung, juga bisa melewati arah lainnya yaitu lewat Kecamatan Pringkuku (arah Pantai Srau).

Untuk akses jalan dapat dilalui dengan roda dua atau lebih, tentu dengan cara berhati – hati karena memang akses jalan cukup sempit, berbelok – belok dan naik turun, sehingga membutuhkan kecermatan dalam mengemudi.

Fasilitas pendukung lainnya di kawasan Pantai Klayar ini adalah restoran sea food, lapangan parkir, dan pasar Ikan serta Mushola untuk memudahkan pengunjung menikmati kesegaran Pantai Klayar.

Saya sendiri mengunjungi Pantai penuh sensasi ini baru beberapa kali saja, dan dari dulu hingga kini belum banyak perubahan didalamnya, masih natural dan penuh dengan kesegaran khas Pantai Selatan.

Akhirnya selamat menikmati keindahan Pantai Klayar. Ajak keluarga anda main kesana dan nikmati sensasinya.

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s