Gurihnya keripik tempe barokah Wonogiri


Rasanya krenyes – krenyes, renyah dan gurih, apalagi ketika dimakan dengan sambal korek pedas, makin mantap saja. Dan tambah

Bahan mentahh tempe keripik yang direndam

Bahan mentahh tempe keripik yang direndam

mantap juga ketika ditambah dengan sesungging senyuman dari orang – orang tercinta, asoy geboy. Inilah rasa dari keripik tempe barokah yang berada di kawasan Kentheng Kaliampo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, dari arah Kotaa Wonogiri dapat ditempuh sekitar 8 Km, atau dari arah pasar Ngadirojo ke arah Solo ditempuh kurang lebih 1 km.

Usaha rumahan yang dikelola oleh Bapak Jauhari dan Ibu Mulyati ini sudah berjalan selama puluhan tahun dan terbilang cukup eksis ditengah makin banyaknya usaha rumahan sejenis di Kabupaten Wonogiri. Kata sang pengelola, Ibu Mulyati, keripik tempe barokah yang mengusung jagon ‘ enak,gurih,halal’ ini adalah usaha keluarga yang ditekuni sudah lama. Dan untuk proses pembuatannya pun susah – susah gampang, begitu menurut keterangan Ibu Mulyati.

Tempe adonan yang sidah digiling siap goreng

Tempe adonan yang sidah digiling siap goreng

Proses pembuatan tempe keripik ini mula – mula diawali dengan bahan baku kedelai yang direndam, kemudian diiles, lalu kemudian setelah proses pertama tersebut selesai, berlanjut ke proses selanjutnya, yakni bahan setengah jadi itu direbus, setelah direbus direndam selama kurang lebih 1 malam, dan direbus pada tahap yang kedua.

Setelah proses perebusan tahap II, berlanjut ke proses penggilingan dan pengemasan bahan siap goreng, dan didiamkan selama kurang lebih 1-2 hari agar hasilnya maksimal. Setelah dikemas dan siap goreng, segera bahan baku tersebut di iris – iris menjadi 8 buah tempe siap goreng per kotaknya, baru kemudian digoreng dengan wajan yang besar dan api dari tungku agar hasilnya bisa maksimal.

Setelah digoreng dan dihilangkan minyaknya, proses terakhir produksi adalah

Proses menggoreng tempe

Proses menggoreng tempe

pengemasan tempe keripik tersebut. Biasanya dalam proses pengemasan, setiap plastik yang dijual eceran, diisi dengan 5 tempe keripik dan dijual eceran 2.500 per plastik.

Untuk proses penjualan dan pemasaran, biasanya home industri tempe keripik barokah ini memasarkan ke penjual – penjual warung, rumah makan, dan toko – toko diseputaran Wonogiri, Pacitan, Ngadirojo, Sukoharjo dan Surakarta.

Nah, demikian sedikit ulasan mengenai tempe keripik barokah Ngadirojo yang rasanya maknyuss, renyah, gurih dan halal. Boleh deh kapan – kapan temen – temen mampir dan membeli untuk sekedar memberikan oleh – oleh khas Wonogiri, nih tak kasih tau alamatnya, Rumah Bapak jauhari, Kentheng Kaliampo Ngadirojo Wonogiri, Jawa tengah, dekat SPBU Ngadirojo. Selamat mencoba, selamat menikmati gurihnya tempe keripik barokah.

Oleh : Panji Anom Kaliwinong

Proses pengemasan

Proses pengemasan

Iklan

2 thoughts on “Gurihnya keripik tempe barokah Wonogiri

  1. Ping-balik: Bahagia, punya keluarga (baru) « Berbagi Makna

  2. saya dari brebes
    kira2 bisa belajar membuat kripik tempe,kalau bisa saya mau ke wonogiri
    saya ada niat bikin usaha kripik tempe
    tapi blom bisa cara membuat kripik tempenya

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s