Kekuatan kata dan kejernihan jiwa


Kata itu, bagi saya, bukan sekedar rangkaian huruf – huruf yang terangkai menjadi satu frasa, tetapi adalah sebuah ungkapan jiwa.

Kekuatan kata-kata

Kekuatan kata-kata

Kata– kata itu, bagi saya, dan bagi orang yang mempercayai kekuatan kata – kata, adalah bahasa hati, yang seharusnya lahir dari rahim nurani. Bukan hanya terucap lewat lisan, tidak hanya menjadi pemanis mulut, tetapi setiap huruf yang muncul dan terangkai menjadi sebuah kata adalah bentuk dari bahasa nurani yang lahir dari kejernihan kalbu. Sehingga bisa saya simpulkan, bahwa bahasa hati yang tertuang lewat kata – kata itu akan menjadi penyimpul dari pemilik hati itu. Kalau pemilik hati ini memiliki kejernihan jiwa dan kebeningan kalbu yang berangkat dari iman yang kokoh, kata – kata yang hadir pun selalu hadir bagai embun, ketika dilihat jernih, ketika dirasakan, ia akan terasa menyejukkan siapapun yang melihatnya . Sebaliknya ketika hati itu terkotori oleh kekotoran jiwa, maka kata yang tertuang pun akan mencerminkan sang pemilik hati yang jiwanya masih kotor.

Kata – kata yang muncul dari pemilik hati yang memiliki kejernihan jiwa dan kepekaan nurani, ia akan seperti embun, yang selalu hadir dipagi hari, masih memiliki banyak energi, yang memiliki daya yang mampu menarik dedaunan pagi untuk tersinggahi oleh embun pagi, yang memiliki daya untuk menarik apapun dan siapapun yang melihatnya dan merasakan kesegarannya. Kata – kata yang berasal dari buah kebeningan hati yang muncul dari kekuatan iman, ia akan mampu menarik apapun dan siapapun untuk merasakan kekuatan dari kata – kata itu. Kata – kata yang muncul dari kejernihan jiwa, ia juga seperti matahari pagi, terasa hangat dan menghangatkan dan bermanfaat bagi makhluk hidup. Jadi, disini ada hubungan yang erat antara kekuatan kata – kata dengan kebeningan hati serta kekuatan iman. Ketiganya akan menjadi kekuatan yang maha dahsyat.

Lihatlah sosok yang kelihatan biasa ini. Ia hanya seorang aktivis muslim. Ia hanya satu dari sekian banyak aktivis yang pada waktu itu tetap gigih memperjuangkan Islam untuk selalu menjadi pedoman hidup manusia. Namun yang menarik dari sosok satu ini adalah penentangannya terhadap rezim yang berkuasa saat itu. Ia tak pernah goyah meskipun ditindas dan dipengaruhi dengan cara apapun. Justru saat dirinya ditindas, semangatnya untuk mempertahankan idealismenya dalam kekokohan Islam ini semakin menguat. Dan justru saat penjara menjadi bagian dari hidupnya, karya – karya besar nan menyejarah itu muncul dan membersamainya. Justru saat penjara menjadi kesehariannya, kekuatan kata – kata yang muncul dari kejernihan nuraninya itu muncul dan kelak menjadi referensi menyejarah bagi aktivis muslim generasi pelanjut setelahnya. Walaupun pada akhirnya ujung senapan yang mengakhiri perjalanan hidupnya didunia, namanya tak berhenti diujung senapan itu. Justru namanya yang menyejarah. Justru namanya mendunia. Justru namanya menjadi inspirasi para generasi pelanjut dari aktivis muslim untuk terus memperjuangkan visi besar dari kemuliaan Islam ini. Hidupnya boleh berakhir di ujung senapan serdadu diktator, tetapi visi besarnya tetap hidup, tak pernah mati sampai sekarang, dan sampai kapanpun akan menjadi inspirasi dan motivasi para aktivis muslim untuk terus bergerak. Karya – karya besarnya yang berasal dari kejernihan jiwanya telah membuat visinya tetap hidup dan menghidupkan gerakan islam saat ini. Dialah Sayyid Quthb, cendekiawan muslim yang membuat karya – karya fenomenal dalam bentuk buku, yang menjadi referensi para aktivis muslim saat ini.

Dan sampai kapanpun, kekuatan kata itu akan senantiasa ada selama kejernihan jiwa, kekokohan jiwa, kepekaan nurani, itu selalu membersamai setiap huruf yang tertuang menjadi kata – kata. Kata – katanya menyejukkan dan tidak menyesatkan. Kata – katanya akan menguatkan jiwa, dan tidak melemahkan. Kata – katanya akan menimbulkan semangat baru, bukan penghancur semangat. Kata – katanya memiliki makna keimanan, bukan dengki, dendam, dan hal – hal yang mengotori jiwa. Dan inilah kekuatan kata – kata itu. Jika kata – kata itu akan terus bersama kejernihan hati yang timbul akibat kekuatan iman, ia akan menjadi kekuatan dahsyat yang mampu mengalahkan apapun, dan dia tetap hidup sampai kapanpun. Mari kita ubah dunia dengan kekuatan kata. ^^

Iklan

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s