Teruslah mengejar mimpi, pelajaran dari sang pemimpi


“Kita akan sekolah ke Perancis, menjelajahi Eropa sampai ke Afrika! Apapun yang terjadi!”

Jum’at (1/1/10), pukul 08.30 langit Simpang Lima Semarang nampak sumringah diiringi semilirnya angin malam kota menambah semaraknya hari pertama di Tahun 2010 itu. Masayarkat sekitar semarang nampah penuh semangat menyemarakkan malam pertama di Tahun yang baru itu. Ada harapan – harapan tersembul dibalik kesemangatan – kesemangatan yang ada, harapan untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin.  Begitu juga adanya dengan-ku. Hari pertama di Tahun baru itu kumanfaatkan untuk mencari inspirasi baru dengan menontot sang pemimpi, film yang katanya menggugah jiwa itu. Sebenarnya akupun belum pernah membaca novelnya, namun karena aku tertarik dengan cerita teman – teman tentang banyaknya nilai motivasi – motivasi dari film ini, segera aku masuk ke bioskop E-Plaza untuk melihat film tersebut.  Tepat pukul 21.15  WIB pun film di mulai, dan mulailah petualangan para pemimpi – pemimpi luar biasa tersebut.

Film sang pemimpi ini mengisahkan tentang sekelompok anak muda Belitong, bernama ikal, arai dan jimbron. Mereka adalah siswa SMA yang mempunyai mimpi untuk meneruskan pendidikan setinggi-tingginya.Oleh karena terbentur biaya dan keadaan yang tidak memungkinkan mereka, namun semangat mereka tetap membara. Seorang guru disekolah mereka, Pak Balia, mendorong murid-muridnya untuk menjelajahi Eropa dan menaklukan Afrika. Hati Ikal dan Arai semakin terketuk untuk berusaha sekuat tenaga melanjutkan pendidikan mereka hingga ke sebuah Universitas di Perancis, tiga orang anak di kampong melayu yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah mereka hingga ke Perancis, menjelajahi Eropa, bahkan sampai ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron, merekalah sang pemimpi itu, walau bagai punguk merindukan bulan, mereka tak peduli, mereka memiliki tekad baja untuk mewujudkan mimpi mereka, hidup didaerah terpencil, kepahitan hidup, kemiskinan, bukanlah pantangan bagi mereka untuk bermimpi. Mereka tak menyerah pada nasib dan keadaan mereka, bagi mereka mimpi adalah energy kehidupan mereka masa kini untuk melangkah menuju masa depan yang mereka cita-citakan.

Begitu keluar dari bioskop, ada inspirasi baru yang ingin kubagi tentang beberapa hal dari film ini. Yang pertama adalah mimpi, bahwa kita harus selalu bermimpi, karena semuanya berawal dari mimpi, dan mimpi adalah energy kehidupan yang akan menggerakkan segenap potensi terbaik dari diri kita untuk mempersembahkan yang terbaik dari hidup ini. Inspirasi yang kedua adalah kegigihan dan pantang menyerah, pantang putus asa. Ya, memang untuk mencapai apa yang kita inginkan pasti banyak rintangan dan halangan yang senantiasa menghantui diri kita, namun ketika kita sudah mempunyai kekuatan tekad dalam mimpi kita, masalah – masalah itu kian membuat diri kita kuat untuk menggapai mimpi – mimpi kita. Dan inspirasi yang terakhir adalah tentang kemenangan dan keberhasilan. Ya, ini adalah puncak dari mimpi – mimpi kita, setelah kita bermimpi dan berusaha keras untuk mewujudkan mimpi tersebut, maka yang akan kita raih adalah keindahan – keindahan dari tercapainya mimpi yang kita raih. So, keep fight. Berjuanglah selalu. Teruslah bermimpi, dan mengejar mimpi –mimpimu. Terakhir persembahan untuk para  pemimpi, untuk para ikal, arai, dan jimbron – jimbron baru yang siap mewujudkan kekuatan mimpi, sebuah lirik lagu dari GIGI-Sang Pemimpi.

Sambut hari baru di depanmu
sang pemimpi siap untuk melangkah
beri tanganku jika kau ragu
bila terjatuh ku kan menjaga
kita telah berjanji bersama
taklukkan dunia ini
menghadapi segala tantangan bersama
mengejar mimpi-mimpi

berteriaklah hai sang pemimpi
kita takkan berhenti di sini
kita telah berjanji bersama
taklukkan dunia ini
menghadapi segala tantangan bersama

reff:
bersyukurlah pada yang maha kuasa
hargailah orang-orang yang menyayangimu
yang selalu ada setia di sisimu
siapapun jangan kau pernah sakiti
dalam pencarian jati dirimu
dan semua yang kau impikan

tegarlah sang pemimpi
berteriaklah hai sang pemimpi
kita takkan berhenti di sini
kita telah berjanji bersama
taklukkan dunia ini
menghadapi segala tantangan bersama

Iklan

2 thoughts on “Teruslah mengejar mimpi, pelajaran dari sang pemimpi

  1. wah, kebetulan sekali. bertemu dengan sama – sama romanisti…. salam kenal…. tetapi energi motivasi yang ada mmenurut sy, sang pemimpi lebih bagus

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s