Pacitan, daerah sejuta potensi


Pacitan, sebuah kota kecil yang terletak di selatan Provinsi Jawa Timur yang merupakan daerah asal Presiden SBY dan juga daerah asal saya (he..he..he..) mempunyai poensi daerah yang luar biasa banyaknya. Potensi yang dimiliki pacitan mulai dari potensi wisata, potensi pertanian, potensi kerajinan dan potensi budaya. Menurut sejarahnya, Pacitan berasal dari kata Pacitan yang berarti camilan, sedap-sedapan, tambul, yaitu makanan kecil yang tidak sampai mengenyangkan. Hal ini disebabkan daerah Pacitan merupakan daerah minus, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan warganya tidak sampai mengenyangkan; tidak cukup. adapula yang berpendapat bahwa nama Pacitan berasal dari “Pace” mengkudu (bentis : Jaka) yang memberi kekuatan. Pendapat ini berasal dari legenda yang bersumber pada perng Mengkubumen atau Perang Palihan Nagari (1746-1755) yakni tatkala Pangeran Mangkubumi dalam peperangannya itu sampai ke daerah Pacitan. dalam suatu pertempuran ia kalah terpaksa melarikan diri ke dalam hutan dengan tubuh lemah lesu. berkat pertolongan abdinya bernama Setraketipa yang memberikan buah pace mask menjadikan kekuatan Mangkubumi pulih kembali. Akan tetapi nampaknya nama Pacitan yang menggambarkan kondisi daerah Pacitan yang minus itulah yang lebih kuat. hal itu disebabkan pada masa pemerintahan Sultan Agung (1613-1645) nama tersebut telah muncul dalam babat Momana.

s4020003Kabupaten Pacitan mempunyai luas wilayah 1.389,87 Km2 yang kondisi alamnya sebagian besar terdiri dari bukit-bukit yang mengelilingi kabupaten. Sedangkan wilayah kota Pacitan yang merupakan inti atau pusat pemerintahan berupa dataran rendah. Selebihnya berupa daerah pantai yang memanjang dari sebelah barat sampai timur di bagian selatan. Pacitan adalah kecamatan yang menjadi ibukota Kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Pacitan adalah denyut nadi pemerintahan dan perekonomian kabupaten pacitan secara keseluruhan. Lansekap kota Pacitan terletak di lembah, di tepi Teluk Pacitan dan dialiri sungai Grindulu yang membentang dari wilayah selatan menuju pantai Teleng Ria.

Kabupaten Pacitan terletak di pantai selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah. Daerah Pacitan sebagian besar adalah berbukit tandus dan berupa tanah kapur. Letak Geografis Pacitan berada antara 1100 55′ – 1110 25′ Bujur Timur dan 70 55′ – 80 17′ Lintang Selatan.

Pacitan memiliki berbagai potensi daerah yang tentu sangat mendukung terciptanya kesejahteraan masyarakat Pacitan.669930382rw6r4gr Potensi yang terdapat di Pacitan antara lain potensi wisata seperti Goa Gong yang merupakan Goa terindah se Asia Tenggara di Punung, Goa Tabuhan yang batunya bisa ditabuh seperti gamelan di Donorojo, Pantai Teleng Ria yang tentu menjadi “Kuta”nya Pacitan, Pantai Srau yang terkenal dengan batu karangnya, Pemandian Air Hangat di Arjosari yang dapat menyembuhkan penyakit kulit, Monumen Jenderal Soedirman di Pakisbaru yang baru saja diresmikan oleh Presiden SBY akhir 2008 lalu, dan masih banyak tempat wisata yang lainnya. Sekitar tahun 2009 – 2011 kedepan mungkin objek wisata di Pacitan seiring diadakan pembangunan PLTU Sudimoro, Pelabuhan Tamperan, dan Bendungan di daerah Arjosari-Tegalombo. Untuk pembangunan bendungan di daerah Kedungbendo (Arjosari) – Ngreco (Tegalombo) walaupun mengundang banyak protes dari warga namun akan tetap dilaksanakan tahun 2011. Selain Potensi wisata, dapat juga kita temui kerajinan khas Pacitan yaitu kerajinan batu akik di Donorojo. Selain itu, potensi kekayaan alam daerah Pacitan selain potensi perikanan di daerah pantai, juga potensi barang tambang emas yang terletak di Desa Kasihan, tepatnya daerah 10709519351Glagahombo-Kalimojo yang saat ini terus digali untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Dilihat dari kondisi alamnya yang berbukit – bukit, memang menjadikan Pacitan memiliki potensi alam yang banyak dan tentu hal ini menjadikan Pacitan sebagai kota berprospek cerah. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang matang dan cermat khususnya dalam bidang potensi ala mini agar manfaatnya dapat benar – benar dirasakan rakyat sekitar. Sebenarnya untuk penataan kota Pacitan, Pemda Pacitan sudah bekerja dengan baik dengan adanya daerah hijau dan penataan Pasar Baleharjo, tetapi disini Pacitan bukan hanya Pacitan, Pacitan adalah Donorojo, Punung, Arjosari, Tegalombo sampai Sudimoro. Jadi saya kira Pemda perlu untuk lebih merencanakan dan melaksanakan sebuah visi jangka panjang tentang pembangunan daerah agar nantinya manfaat dari kesejahteraan Pacitan dapat kita nikmati bersama.

Iklan

14 thoughts on “Pacitan, daerah sejuta potensi

Mari berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s